Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

61 Tahun PMII Dalam Narasi

Sabtu, April 17, 2021 | 11:19 WIB Last Updated 2021-04-17T03:19:24Z

GARDANTB|Sumbawa.- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dalam melintasi medan sejarah, telah melahirkan banyak dedikasi yang ditorehkana dalam menata perubahan. Sejak 1960 sampai hari ini produksi gagasan dan akselerasi gerakan terus ditunjukan sebagai wujud eksistensi organisasi. 


Dimasa lalu distribusi kader diruang gerakan, ditandai dengan munculnya kader-kader PMII pada elemen-elemen ekstraparlementer yang melakukan delegitimasi jalanan, sekaligus menegaskan simbol perlawanan terhadap laku kekuasaan yang zolim" terhadap rakyatnya tercatat momentum tumbangnya rezim orde lama tahun 1966 dan gerakan reformasi 1998.


17 april di setiap tahunnya tentu jadi momen-momen yang tak biasa bagi kader-kader PMII terlebih mereka yang senantiasa menjaga ruang tengah sekretariat tetap berasap untuk memastikan bahwa hidup dan kehidupan belum berakhir, kita harus tetap bergerak. 


Tahun ini, peringatan hari PMII mengambil tema "PMII Terdepan Dalam Kemajuan" sekaligus menandai 61 tahun lahirnya PMII. Tema ini bermakna bahwa PMII mengaku siap dan akan menjadi yang terdepan dalam menyongsong kemajuan-kemajuan bangsa Indonesia dalam berbagai sektor.


"Dengan tema "PMII Terdepan Dalam Kemajuan", menunjukan bahwa kita siap dan paling terdepan dalam menyongsong kemajuan-kemajuan bangsa dalam berbagai sektor. 


Momentum harla ke 61 tahun ini menjadi spesyal karena kita merayakanya di bulan suci ramadhan. Ini menjadi refleksi dimana nawa cita PMII yang tercantum pada tujuan PMII yang meyebutkan "Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya serta komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia". Ini sudah selayaknya kita mencitrakan dari tujuan PMII yang mulia itu, terkhusus dua poin diawal tujuan PMII, "terbentuk pribadi muslim, yang bertakwa kepada allah SWT". Maka dari itu mari kita sama kembali kerumah kita (masjid).


"Selamat Harlah Ke-61 Tahun PMII".


Penulis: Oleh Rizal, Kader PMII Sumbawa.

×
Berita Terbaru Update