Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa PMM UMM Kelompak 21 Wujudkan Rumah Pangan Lestari

Selasa, April 06, 2021 | 11:37 WIB Last Updated 2021-04-06T03:46:36Z
Foto: Dok. Istimewa.

GARDANTB.COM|Bima.-Kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadyah Malang (UMM) kelompok 21 Desa Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, manfaatkan Lahan Kosong sebagai media untuk menanam tumbuhan Sebanyak 125 tanaman jenis cabe, sawit, tomat dan terong.


Kegiatan tersebut telah berlangsung pada Jum'at (2/4/2021), turut berpartisipasi selain mahasiswa PMM UMM kelompok 21, juga IRT dan Pemuda Desa Doridungga.


Ketua Kordinator Kelompok 21 PMM UMM, Nani Ardianingsih mengatakan, Kegiatan ini selain sebagai penanganan peninggalan PMM UMM kelompok 21 yang bisa diteruskan atau bermanfaat untuk Desa Doridungga. Namun juga dilatar belakangi oleh situasi dan kondisi pada poros kehidupan masyarakat Desa Doridungga.


Dijelaskan bahwa tingginya harga cabe ataupun sayuran lainnya, sebagai bahan utama dapur menjadi perihal yang perlu diperhatikan bersama, mengingat Indonesia yang masih terpapar Covid-19 dan tentunya merambat pada ekonomi keluarga kebawah. 


Ia juga mengatakan, Tingginya harga sayur menjadi persoalan yang perlu ditemukan solusi alternatifnya. Maka dari pada itu kelompok 21 PMM UMM memulai gerakan menamam sayuran pada Rumah Pangan lestari.


"Kegiatan ini Selain bernilai ekonomi, juga sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan agar hijau dan asri,"katanya pada media ini via WhatsApp, Selasa (6/4/2021).


Nani Ardianingsih menambahkan, Dengan adanya kegiatan tersebut kelompok 21 PMM UMM berharap bahwa masyarakat Desa Doridungga bisa ikut bekreasi bersama mahasiswa dalam memanfaatkan lahan kosong disekitar halaman rumah. 


(GARDA-01)

×
Berita Terbaru Update