Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

18 Pemuda Desa Penyangga The Mandalika Akan Ikuti Pelatihan Mekanik

Kamis, Juni 17, 2021 | 01:44 WIB Last Updated 2021-06-16T17:44:30Z


GARDANTB|Mataram.-18 pemuda terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Lombok NTB yang dikembangkan oleh PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata di Indonesia, akan mengikuti pelatihan mekanik sepeda motor yang diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) selama 4 bulan, Rabu (16/6/2021).


Pelatihan yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai, bahkan dapat membuka usaha perbengkelan motor ini telah menyelesaikan tahap pendaftaran peserta yang dilakukan di Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana & Desa Sengkol, sebagai awal dari tahap seleksi untuk memilih tiga orang pemuda dari setiap desa.


Pendaftaran peserta yang dilakukan pada 10-15 Juni 2021, telah menjaring 37 orang pendaftar dari enam desa. Yang menjadi kriteria peserta pelatihan ini adalah siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat, usia maksimal 27 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan dan minat di bidang perbengkelan serta bersedia mengikuti pelatihan secara penuh.


Para pendaftar akan memasuki tahap seleksi untuk memilih calon peserta berdasarkan kualifikasi yang ditentukan dan sesuai jumlah kuota yang disediakan. Seleksi administrasi dilakukan 16-17 Juni 2021, selanjutnya tes tulis dan wawancara pada 19 Juni 2021 untuk mengukur kemampuan akademis calon peserta, dan memilih 18 peserta pelatihan. 


Peserta pelatihan kemudian akan mengikuti pelatihan di kelas selama 8 hari pada 23-30 Juni 2021 sebelum masuk ke seleksi tahap akhir berupa uji akademis. Dari seleksi tahap akhir ini 12 orang yang lulus uji akademis akan mengikuti magang di AHASS selama 3 bulan pada Juli-September 2021.


Vice President Corporate Secretary Miranti Nasti Rendranti menyampaikan, senang dapat memfasilitasi kembali masyarakat desa penyangga The Mandalika dengan sebuah pelatihan yang berguna bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia, sejalan dengan pengembangan kawasan The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang menyajikan atraksi kelas dunia. 


"Melalui proses seleksi yang tengah berjalan, kami berharap bisa mendapatkan pemuda-pemuda terbaik dari desa penyangga yang siap dilatih menjadi tenaga terampil mekanik sepeda motor, yang siap mendukung perhelatan event-event balap motor dunia yang diselenggarakan di The Mandalika,"jelasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Kuta Lalu Mirate mengungkapkan, pelatihan mekanik ini akan mendorong semangat belajar anak muda di desa sekaligus memotivasi diri lebih mandiri dalam berwirausaha, dan kedepan dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, khususnya dibidang perbengkelan.


"Kami selaku warga desa penyangga The Mandalika berharap pelatihan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membangun sumber daya manusia yang berdaya saing seiring dengan perkembangan dunia usaha di Kawasan The Mandalika khususnya dan Lombok Tengah umumnya,"Terangnya.

 

Dikatakannya, Melalui kegiatan pelatihan yang merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini." Kami berharap masyarakat desa penyangga kawasan The Mandalika semakin merasakan manfaat kehadiran ITDC, dan dapat memanfaatkan kesempatan-kesempatan pelatihan yang kami siapkan. Sehingga dapat bersama-sama membangun kawasan The Mandalika menjadi kawasan yang membawa manfaat bagi kita semua,"tutup Miranti.


Untuk diketahui, ITDC PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 47 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 Ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.


Dengan infrastruktur, akomodasi dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018. Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.


ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di KEK Mandalika/The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah. 


*GARDA-RED*

×
Berita Terbaru Update