Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

50 Pelaku Usaha di Kabupaten Bima Ikuti Seminar Pemasaran Produk

Sabtu, Juni 19, 2021 | 04:05 WIB Last Updated 2021-06-18T20:05:54Z

 



GARDANTB | Kabupaten Bima.-- Seminar Kewirausahaan kerjasama Dinas Perdagangan Provinsi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, Dekranasda dan NTB Mall, berlangsung Kamis (17/6) di Gedung Produksi dan Promosi Tenun Kabupaten Bima Jalan Soekarno-Hatta Godo Kecamatan Woha.


Pada kegiatan yang dirangkaikan dengan Sosialisasi bertajuk Go Big With NTB Mall tersebut, diikuti sebanyak 50 pelaku UMKM dari beberapa kecamatan Se Kabupaten Bima.


Ketua Dekranasda Kabupaten Bima Hj. Rostiati S.Pd, Plt. Kepala Dinas Perindag Kabupaten Bima Amrin Munawar SE, Tim Dinas Perdagangan Provinsi NTB tampak hadir pada seminar yang juga memamerkan beragam produk pakaian, sarung, makanan, minuman herbal dan aksesoris berbahan baku lokal tersebut.


Bupati Bima yang diwakili Asisten I Setda Bima H. Putarman, SE dalam sambutannya mengatakan, ada beragam cara dalam pemasaran produk. "Karena itu, kita jangan hanya terpaku pada pola penjualan tradisional, tapi harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan platform media sosial yang ada. Artinya para pelaku UKM juga harus bisa memanfaatkan sistem penjualan online,"Terang Putarman.


Ketua Dekranasda Kabupaten Bima Hj. Rostiati S.Pd dalam pengantarnya mengungkapkan,  Gedung Produksi dan Promosi bisa digunakan sebagai ruang yang bisa digunakan secara luas oleh UKM untuk memajang produk pakaian, kuliner dan beragam produk seni secara offline.


"Namun dengan berkembangnya teknologi dan terjadinya pandemi Covid-19, pelaku ekonomi tidak mungkin hanya berharap bisa penjualan  secara offline atau tatap muka, tetapi perlu mengembangkan usaha secara online,"Terang Rostiati. 


Ke depan, pemanfaatan platform digital akan lebih dioptimalkan dengan menjalin kerjasama dengan Dinas Kominfo dan instansi terkait. Sehingga diharapkan dari 18 kecamatan, minimal 10 kecamatan sudah memiliki 10 produk makanan,  kerajinan tangan dan seni yang bagus. Dirinya berharap Tim NTB Mall bisa memberikan pengetahuan dan edukasi kepada para peserta seminar terkait dengan pemasaran produk UKM,"Tutupnya.


Tim Dinas Perdagangan Provinsi NTB melalui Jarot Sarjono  mengemukakan, sosialisasi ke depan sangat penting dalam melakukan pemasaran hasil produksi dan usaha ekonomi. Apalagi situasi pandemi, di saat daya beli masyarakat menurun, maka peluang yang bisa dimanfaatkan secara online makin luas.


"Oleh karena itu, kehadiran NTB Mall ini dapat menjadi ruang konsultasi yang memfasilitasi dan memberikan penjelasan kepada pelaku usaha,"Jelasnya.


*GARDA-RED*

×
Berita Terbaru Update