Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pantau Vaksinasi Covid-19, Dandim 1628/SB Awasi Pelaksanaan Tracing Contact Dan Testing di Kecamatan Maluk

Senin, Agustus 09, 2021 | 17:58 WIB Last Updated 2021-08-09T09:58:27Z


GardaNTB.com,Sumbawa Barat.- Upaya percepatan penanganan covid -19 di Kabupaten Sumbawa Barat terus dilakukan baik melalui giat mitigasi pencegahan melalui imbauan prokes Covid -19,  penegakan disiplin prokes, serbuan vaksin, penyiapan rumah isolasi terpadu dari tingkat Desa, Kecamatan sampai tingkat Kabupaten, pendataan jumlah bor ditiap rumah sakit, kesedian obat obatan juga oksigen di puskemas dan rumah sakit, pendampingan  penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terkonfirmasi Covid -19, juga kegiatan tiga 3 tracing (pelacakan), testing (pemeriksaan), treatment (perawatan), dimaksimalkan secara sungguh sungguh guna mendeteksi sebaran kasus covid -19 agar tidak meluas di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.


Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, S.T, M.I.P. di Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa barat saat meninjau kegiatan Peninjauan vaksinasi covid 19 dan pengawasan terhadap pelaksanaan Tracing contact Covid -19 dan testing di Kecamatan Maluk Sumbawa Barat, Senin (9/8/2021).


Selain itu, Dandim bersama Kapus Uptd Maluk melaksanakan assessment terhadap guru di SDN I Dan SDN 2 Maluk, Dandim menyampaikan bahwa dukungan serta peran aktif para guru sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pengawasan kepada murid dalam kegiatan belajar mengajar, mengingat sekarang status kabupaten Sumbawa Barat sudah masuk PPKM tahap 3.


"Menjadi khawatirkan kita dengan kondisi sekarang ini ketika kita tidak sadar karena kondisi imun kita baik walau terpapat namun tanpa gejala  merasa sehat tapi kita lupa kepada keluarga, rekan kita yang rentan karena faktor umur lanjut atau lansia serta comorbit atau adanya penyakit penyerta akan sangat fatal apabila terjangkit virus covid 19,"papar Dandim.


Lanjut Dandim, Untuk itu saat ini yang paling penting ketika kita harus melaksanakan kegiatan adalah tetap disiplin protokol kesehatan covid 19 dan selalu melaporkan perkembangan kondisi kesehatan para guru dan murid apabila ada gejala batuk, pilek dan sesak napas segera infokan satgas covid -19 setempat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut, untuk mencegah penyebaran  serta percepatan penanganan covid -19,"tegas Dandim.


Setelah itu, Komandan Kodim 1628/Sumbawa barat juga meninjau gudang serabut di dusun Maluk loka Desa Maluk dan menyaksikan pelaksanakan Tracing contact Covid -19 terhadap pekerja serabut contact erat  terhadap Saudari inisial  S yg di nyatakan terkofirmasi positif covid 19.


Tracing dan testing contact Covid Gudang Serabut Desa Maluk serta swab antigen kepada 17 orang terdiri dari 3 orang laki laki, 14 orang perempuan, dengan hasil 2  orang perempuan terkofirmasi positif dan 15 orang negatif.


Dandim 1628/SB juga meninjau pelaksanaan Tracing contact terhadap contack erat positif Covid 19 Saudari N Desa Mantun serta swab antigen kepada keluarga suadari N dirumahnya terdiri dari 4  orang dengan hasil 2 orang hasil negatif  2 orang perempuan terkonfirmasi positif.


Dalam pelaksanaan Tracing contact  dan swab antigen Covid -19 terhadap 21 orang di dua lokasi  terkofirmasi 5 orang positif covid 19


Adapun hadir Komandan Kodim 1628/Sumbawa barat Letkol Czi Sunardi, S.T, M.I.P.,  Danramil 1628-02/Sekongkang Lettu Cba Yusman, Sekcam Maluk Hendra Jaya,  Ka Uptd Puskesmas Maluk Fahmi S,km, Danpos AL Benete Serka PDK Dany Fajar Rismawan, Babinsa dan Bhambinkamtibmas se-Kec. Maluk, Para guru, Petugas Surveilans. 


Selama kegiatan tetap mengacu kepada protokol kesehatan Covid 19. (GARDA-TIM).

×
Berita Terbaru Update