Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Lakpesdam NU Agendakan Pelatihan dan Deklarasi Pemuda Damai di Desa Rite

Minggu, November 14, 2021 | 01:15 WIB Last Updated 2021-11-13T17:17:04Z
Pengurus Lapesdam NU Kabupaten Bima Saat Bersilaturahim Dengan Camat Ambalawi. Foto: Dok/Ist.

Gardantb.com, Kabupaten Bima.- Dengan adanya program penanganan konflik paham keagamaan di Kabupaten Bima, Kementerian Agama Republik Indonesia bekerja sama dengan Pengurus Cabang Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama Kabupaten Bima berencana mengadakan kegiatan Pelatihan dan Deklarasi Pemuda Damai. 


Kegiatan yang difokuskan di Desa Rite Kecamatan Ambalawi tersebut, akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2021 mendatang. Kegiatan yang rencananya akan dihelat di Rumah Makan Dundu Hea Wera Tololai itu telah mendapatkan apresiasi positif dari KUA Ambalawi, Pemerintah Desa Rite hingga Pemerintah Kecamatan.


Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Bima Abdul Haris menyatakan, kegiatan ini memang sengaja difokuskan di Desa Rite, demi menguatkan peran kepemudaan dalam membentengi paham keagamaan yang dapat memecah persatuan dan merusak nilai-nilai toleransi beragama. 


"Usai kegiatan, pemuda yang telah dilatih nantinya diharapkan dapat menjadi pelopor pemuda damai di desa masing - masing,"Ujarnya kepada wartawan, Sabtu (13/11/21).


Dia menambahkan, selain pelatihan kegiatan ini juga akan dirangkaikan dengan Deklarasi Pemuda Damai. Hal itu bertujuan membantu penegak hukum dalam mencegah gangguan intoleransi beragama, serta mencegah beredarnya paham - paham yang radikal. 


"Kita akan hadirkan komitmen bersama para pemuda setempat untuk membentengi Kecamatan Ambalawi, khususnya Desa Rite dari pengaruh paham- paham yang berbahaya,"Tambahnya. 


Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta dapat memberikan edukasi kepada pemuda-pemirsa setempat. Selain itu, Haris juga menyampaikan agar kegiatan positif seperti ini tetap mendapat dukungan dari berbagai pihak.


"Pemuda itu penggerak, tentu ia harus berperan penting dalam membangun suatu daerah. Oleh karena itu, kami berharap agar kita semua dapat menyukseskan kegiatan ini,"tuturnya.


*GARDA-TIM*

×
Berita Terbaru Update