Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Kegiatan Donor Darah, Salah Satu Bakti Sosial Kemanusiaan di Kodim 1628/SB Sambut Hari Juang Kartika 2021

Kamis, Desember 09, 2021 | 20:58 WIB Last Updated 2021-12-09T12:58:04Z
Ist

Gardantb.com, Sumbawa Barat.- Sebagai bentuk peduli kemanusiaan, Kodim 1628/SB menggelar acara bhakti sosial donor darah di Makodim 1628/SB jalan lintas balad no 3 telaga bertong taliwang Sumbawa Barat dalam rangka menyambut hari juang kartika tahun 2021.


Pada kesempatan tersebut dalam sambutan Dandim 1628/SB Letkol Czi. Sunardi ST M, IP., menyampaikan ucapan terimakasih Kepada tim medis  serta peserta yang ikut mendonorkan darahnya pada acara donor darah yang diselenggarakan Kodim 1628/SB dalam rangka memperingati hari Juang TNI AD 2021.


Kegiatan donor darah dalam rangka hari juang TNI AD dilaksanakan terpusat di Mabesad serta tersebar di seluruh satuan TNI AD dengan harapan stok darah dapat lebih banyak untuk mengantisipasi banyaknya masyarakat yang membutuhkan diseluruh wilayah Indonesia.


Dandim menyampaikan bahwa  misi kemanusian bakti sosial donor darah adalah salah satu bentuk kepedulian kita antara sesama manusia Kita menyadari bahwa akhir-akhir ini banyak musibah yang melanda mulai dari bencana non alam pandemi Covid -19, banjir,  longsor, dan  menderita berbagai penyakit tentunya saudara saudara yang terdampak tersebut  membutuhkan  darah untuk menyambung hidup mereka,"jelas Dandim.


Bakti sosial ini merupakan salah satu wujud pengabdian kita kepada sesama warga masyarakat untuk meringankan beban  semoga akan bertambah persediaan darah yang dapat digunakan bagi saudara saudara Kita yang membutuhkan,"ujar Dandim.


Selain itu Dandim menjelaskan dalam kegiatan donor  tidak sembarang orang bisa mendonorkan darahnya ada persyaratan - persyaratan dari PMI yang harus dilalui pendonor  seperti harus mengisi formulir pendaftaran dan mengisi riwayat kesehatan pendonor dan keluarganya, kesehatannya diperiksa dokter, berat badannya ditimbang, serta tidak boleh kurang 3 bulan dari saat mendonor terakhir. Berat badan juga ada syaratnya. Berat badan diatas 45 kg dapat memberikan darahnya sebanyak 250 cc, berat badan di atas 60 kg dapat memberikan darahnya sebanyak 350 cc, dan bagi yang memiliki bobot diatas 70 kg dapat mendonor darah sebanyak 450 cc,"urainya. 


Adapun peserta yang mengikuti donor darah antara lain Anggota makodim, anggota Persit Kartika Chandra kirana cabang Kodim 1628,.perwakilan Anggota Polres KSB, perwakilan Anggota Brimob, Perwakilan Pol pp, Damkar, BPBD, Mahasiswa dll. Td rg6.


(GARDA-TIM)

×
Berita Terbaru Update