Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Peduli Lingkungan dan Pendidikan, HBK Bantu Bus Sekolah dan Tanam 10 Ribu Pohon Produktif

Rabu, Desember 22, 2021 | 23:45 WIB Last Updated 2021-12-22T15:58:44Z
Foto: Dok/Ist.

Gardantb.com, Mataram.-Anggota DPR RI dari Dapil NTB-2/Pulau Lombok, H. Bambang Kristiono, SE (HBK) memanfaatkan masa resesnya untuk silaturahmi dan membantu masyarakat di Pulau Lombok, Rabu (22/12/2021). HBK menunjukkan kepeduliannya pada sektor pendidikan dan lingkungan dengan membantu Bus sekolah untuk SMPN 4 Batukliang Utara dan menyalurkan 10 ribu bibit pohon produktif di Kecamatan Pujut, Kab. Lombok Tengah.

 

"Saya meminta agar bantuan Bus ini Bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dirawat dan dipelihara, karena saya yakin akan sangat beguna bagi kemajuan, kelancaran, dan kemudahan sekolah ini,"kata HBK.

 

Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini memulai reses dengan mendatangi SMPN 4 Batukliang Utara di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah. Di sana, HBK disambut Kepala Desa Aik Berik, Muslehudin, dan Kepala SMPN 4 Batukliang Utara H. Majidin. Turut menyambut HBK dan rombongan, para guru dan juga pengurus komite sekolah. Tampak sekali kegembiraan dan suka cita di wajah-wajah mereka.

 

HBK memberi bantuan Bus sekolah untuk SMPN 4 Batukliang Utara. Bus tersebut untuk menunjang pelayanan dan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 4 Batukliang Utara.

 

"Mudah-mudahan, kita semua diberikan kesehatan. Mudah-mudahan, keberadaan Bus sekolah ini memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan operasional sekolah,"kata HBK.

 

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan rasa syukur yang mendalam. Bisa hadir dan menyapa dari dekat masyarakat yang ada di daerah Batukliang Utara. HBK yang didampingi Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB Ali Al Khairy dan Tim HBK Peduli Kab. Lombok Tengah menyampaikan, bersilaturahmi di tengah-tengah masyarakat adalah sebuah kebahagiaan, kegembiraan yang tak ternilai.

 

Kepala SMPN 4 Batukliang Utara H. Majidin menyampaikan terima kasih, betapa HBK telah memberikan perhatian yang sangat besar bagi sekolah yang dipimpinnya dan juga bagi warga Batukliang Utara. Majidin mengatakan, apa yang dilakukan oleh HBK di Batukliang Utara ini adalah sejarah baru bagi sekolahnya.

 

Dirinya bahkan tak pernah menyangka sekolahnya akan mendapat bantuan bus sekolah seperti ini. Karena itu, Dia berjanji akan menjaga dan merawat amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Kemudian memanfaatkannya untuk sebesar-besarnya kemaslahatan warga sekolah dan juga masyarakat di Batukliang Utara.

 

Sebagai wujud terima kasih warga dan masyarakat, Majidin mengatakan, komitmen masyarakat untuk bisa berkontribusi membantu sepenuhnya mewujudkan hajat yang diharapkan HBK dari masyarakat.

 

Sementara itu, Kepala Desa Aik Berik Muslehudin mengatakan, penyerahan bantuan Bus sekolah dari HBK untuk SMPN 4 Batukliang Utara bukanlah agenda politik. Bukan pula mengajak para guru, siswa, dan juga warga sekolah untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik praktis. Bantuan tersebut sepenuhnya murni adalah intervensi di sektor pendidikan yang dilakukan HBK untuk kemajuan dunia pendidikan.

 

Musleh pun tak lupa menyampaikan terima kasih untuk HBK. Dan juga untuk Ali Al Khairy yang juga telah menyambungkan aspirasi masyarakat di Batukliang Utara dengan HBK. Ali sendiri, kata Musleh, adalah putra Batukliang Utara. Orang tuanya bahkan termasuk yang merintis dan mendirikan SMPN 4 Batukliang Utara sehingga menjadi salah satu sekolah negeri yang maju seperti saat ini.

 

"Tentu saja, perjuangan untuk masyarakat Batukliang Utara dari Pak HBK dan Pak Ali Al Khairy tidak akan berhenti sampai disini. Komitmen dan hajat beliau sangat besar untuk kemajuan masyarakat,"kata Musleh.

 

Setelah penyerahan bantuan Bus sekolah tersebut, HBK dan rombongan kemudian berpamitan untuk meninjau taman wisata Aikbukak, yang masih berada di wilayah Batukliang Utara. HBK melihat langsung fasilitas pendukung salah satu obyek wisata rakyat yang sangat melegenda tersebut. Dalam kunjungan ini, HBK juga berdialog sembari menyerap aspirasi masyarakat terkait perkembangan obyek pariwisata Aikbukak bersama pengelola.

 

Dari Aibukak, HBK kemudian bertolak menuju Sikur, Kab. Lombok Timur. Ini adalah agenda spontan, setelah HBK menerima informasi bahwa salah seorang putri anggota HBK Peduli mengalami musibah kecelahaan saat hendak menuju ke sekolahnya. Menerima informasi tersebut, HBK langsung memutuskan untuk mengunjungi anggota HBK Peduli yang bernama Arpan tersebut.

 

Mendapati HBK berkunjung ke rumahnya, Arpan tak bisa menyembunyikan suka citanya, di tengah musibah yang sedang melanda buah hatinya. Kepada HBK, Arpan pun menceritakan kronologi kecelakaan yang dialami putrinya, Ami. Tak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada tim medis HBK Peduli Kab. Lombok Timur yang telah dengan sigap melakukan penanganan darurat medis dan operasi sehingga nyawa putrinya tertolong dalam hitungan jam. 

 

"Dari kejadian ini, saya merasakan betapa Tim HBK Peduli Kab. Lotim begitu cekatan menyelamatkan nyawa putri saya,"tutur Arpan. 

 

HBK ikut merasakan kepedihan yang dialami Arpan dan keluarga. HBK pun memerintahkan seluruh anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kab. Lotim dan Dokter HBK Peduli Kab. Lotim untuk bergotong-royong dan terus memantau perkembangan kesehatan Ami day by day. Dan sebelum meninggalkan kediaman Arpan, HBK pun tidak lupa menyerahkan bantuan tunai untuk meringankan beban orang tua Ami selama dalam perawatan. 

 

Masih di Kab. Lombok Timur, HBK kemudian menuju Selong. Disana, HBK membezook dan juga menyerahkan santunan tunai untuk anggota HBK Peduli yang tengah terbaring sakit, bernama Harida.

 

Dari Selong, kemudian rombongan HBK bergerak menuju Dusun Semundal, Desa Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Loteng.

 

Disana, HBK memberikan bantuan 10 ribu bibit pohon produktif untuk masyarakat. HBK menekankan bahwa bantuan 10 ribu bibit pohon tersebut adalah bagian dari upaya untuk menjaga lingkungan, dan juga ikut berkontribusi menyelamatkan ekonomi masyarakat. Pohon produktif tersebut terdiri dari berbagai tanaman buah-buahan yang bernilai ekonomis tinggi, selain tentu saja akan menjadi tegakan yang akan menyerap air dan mencegah banjir.

 

HBK juga menekankan bahws dirinya sangat prihatin atas bencana banjir yang telah melanda sejumlah daerah di Pulau Lombok di awal Desember ini, yang bahkan terjadi pula di Kec. Pujut, Kab. Loteng. Bahkan, ada banjir bandang yang menerjang Kec. Batulayar, Kab. Lobar. HBK sangat ingin agar lingkungan bisa kembali dihijaukan. Namun, disisi lain, masyarakatpun bisa mendapatkan kemanfaatan ekonomi dari aksi penghijauan tersebut.

 

"Menanam bibit pohon ini, bukan hanya untuk kebaikan kita saat ini. Tapi juga untuk kemaslahatan anak cucu kita di masa yang akan datang,"kata HBK yang didampingi Sekretaris Yayasan HBK Peduli, Rannya Agustyra Kristiono, dan Ketua DPC Partai Gerindra Kab. Loteng, Muhalip.  

 

Karena itu, HBK menyampaikan, bahwa menanam pohon bukanlah semata-mata sebagai aksi menunjukkan kecintaan kita kepada bumi. Melainkan sesungguhnya adalah, menanam kebaikan yang akan berkontribusi besar bagi kehidupan sesama ummat manusia.

 

"Tidaklah seorang muslim menanam tanaman, lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang, ataupun burung, melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat,"kata HBK mengutip Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.(GN-01).

×
Berita Terbaru Update