Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kampanyekan Budaya K3L, PT Alif MT dan PGRI Kota Bima Kolaborasi Gelar Seminar Nasional K3L

Senin, Januari 17, 2022 | 22:29 WIB Last Updated 2022-01-17T14:29:17Z
Foto: Seminar yang dilaksanakan secara Online.

GardaNTB.com, Kota Bima.- PT Alif Muh Teknologi bersama PGRI Kota Bima melaksanakan seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L). Pelaksanaan kegiatan diadakan secara online melalui video konferensi menggunakan zoom meeting. Ahad, (16/01/2022) Pukul 09.00 hingga Pukul 12.00 WITA.


Menghadirkan keynote speaker Ketua PGRI Kota Bima Suhardin, S.Pd, M.Si dan Ketua Komisi II DPRD Kota Bima Yogi Prima, SE.


Dalam seminar itu dimoderatori oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bima Dedy Rosadi, M.Pd, M.Sc., Narasumber pertama Mu'amat Fadlil, ST praktisi K3L di industri minyak dan gas (MIGAS) menyampaikan materi tentang "Pengenalan K3L, prospek karir dan implementasi dalam kehidupan masyarakat". Narasumber kedua Muammar, SH., MH. Analis Hukum Muda di Kementrian LHK menyampaikan materi tentang "Proses persetujuan teknis pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3)".


Jumlah peserta yang mengikuti seminar hingga akhir sebanyak 42 orang. Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari kota dan kabupaten di NTB, juga ada dari daerah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Riau, Banten, Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.


Mayoritas peserta berprofesi guru dari tingkat Paud/TK, SD, SMP dan SMA. Ada juga peserta yang bekerja di dinas pendidikan, staf kampus, karyawan swasta, tenaga kesehatan rumah sakit dan puskesmas, BKAD, FKDM, BPBD, jurnalis, mahasiswa dan wiraswasta.


Para peserta sangat antusias mengikuti seminar hingga akhir dan saat sesi tanya-jawab (diskusi) mereka aktif bertanya; tentang pemantauan budaya K3L, pengelolaan limbah B3 di sekolah, implementasi K3L di sekolah, aturan penyediaan APD di tempat kerja, pemantauan limbah B3 pada tambang ilegal, serta kesiapan PT AMT dalam menyediakan pelatihan K3L.


Selain mendapatkan pengetahuan tentang K3L dan Limbah B3, peserta yang ikut juga mendapatkan softfile materi dan sertifikat seminar elektronik.


Direktur PT Alif MT, Mu'amar Fadlil yang juga menjadi Narasumber menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan K3L kepada masyarakat dan menjelaskan mengenai prospek posisi K3L di perusahaan, sehingga siap menyambut industrialisasi yang terus berkembang khususnya di NTB yang terdapat sumber daya alam pertambangan dan panas bumi.


Diakhir acara PGRI Kota Bima menyampaikan apresiasi kepada PT Alif MT atas kerjasamanya dalam pelaksanaan kegiatan seminar nasional tentang K3L merupakan kegiatan pertama di Bima yang membahas isu Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3) dan juga pengelolaan Limbah B3. (GN-RED).

×
Berita Terbaru Update