Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Langkah Menuju MotoGP Mandalika, Polda NTB Gelar Apel Pasukan Pengamanan

Kamis, Januari 27, 2022 | 23:55 WIB Last Updated 2022-01-27T15:55:38Z
Ist

GardaNTB.com, Mataram.- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar Apel Gabungan Lalu Lintas dan Samapta dalam rangka kesiapan menuju pengamanan pramusim dan Race MotoGP Mandalika 2022 di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kamis (27/1/2022).


Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, apel gabungan itu dimaksudkan untuk melihat kesiapan Ditlantas dan Ditsamapta Polda NTB selaku satker di Polda NTB yang akan langsung bersentuhan dengan tugas penjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di Jalan raya, saat pra-musim dan race MotoGP Mandalika Maret mendatang. 


"Apel gabungan ini, untuk melihat kesiapan dari fungsi Ditlantas dan Ditsamapta,"jelsnya usai memimpin apel gelar pasukan tersebut.


Dikatakan, kedua satker itu digabungkan karena mengemban fungsi untuk menciptakan Kamseltibcarlantas di jalan raya, saat pra musim dan Race MotoGP Mandalika.


"Mengingat saat pra musim dan Race MotoGP Mandalika digelar banyak titik-titik yang harus kita urai dari kemungkinan kemacetan yang terjadi karena banyaknya orang yang akan datang menonton,"tegasnya.


"Apel ini tidak hanya melihat kesiapan dari personel yang akan diterjunkan, namun juga kesiapan sarana dan prasarana dan strategi yang akan dimainkan ketika pelaksanaan nanti,"tandasnya.


Dia juga berharap, untuk mencapai kesempurnaan dalam pengamanan, Ditlantas dan Ditsamapta terus melakukan latihan dan melakukan evaluasi agar Kamseltibcarlantas berjalan lancar pada saatnya nanti.


Selaku pengemban fungsi utama dalam Kamseltibcarlantas di jalan raya, Direktur Lalulintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan, untuk menghadapi Pra Musim dan Race MotoGP pihaknya mendapat tambahan personel yang akan bertugas, mengingat jumlah pengunjung lebih besar tiga kali lipat dibanding saat IATC dan WSBK tahun lalu.


"Penambahan personel dari satker lain ini tentunya harus menyesuaikan diri dengan tugas yang ada di Lantas, seperti cara pengaturan lalulintas yang benar, penegakan hukum, gerakan lalulintas, pengawalan dan lain-lain,"terangnya.


Untuk menghadapi pra-musim dan Race MotoGP Mandalika nanti, anggota dari Polda NTB sendiri setidaknya 276 personel akan diterjunkan terdiri dari Ditlantas Polda NTB dan BKO 190 personel dan anggot dari Ditsamapta 86 personel.


Selain personel, Ditlantas Polda NTB juga sudah menyiapkan kendaraan khusus untuk mengurai kemacetan ataupun kendaraan untuk mengatasi kecelakaan lalulintas seperti kendaraan derek.


Kendati demikian, Kombes Djoni melakukan penekanan terhadap anggota untuk bertindak secara humanis, menggunakan kata-kata yang santun di Lapangan.


"Pada event MotoGP ini sudah tergambarkan konsep pengamanannya berdasarkan petunjuk dari Karo Ops baik di jalan raya atau di lima titik kedatangan penonton, baik di dalam kawasan atau di luar kawasan,"pungkasnya. (GN-RED).

×
Berita Terbaru Update