Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Jebol Karena Banjir, Dam Raba Ndolu Desa Rite Butuh Penanganan Cepat

Sabtu, Mei 14, 2022 | 14:21 WIB Last Updated 2022-05-14T06:21:07Z


GardaNTB.com, Bima- Kondisi Dam Raba Ndolu Desa Rite Kecamatan Ambalawi sangat memprihatinkan. Pasalnya setiap kali musim hujan mengalami jebol akibat dari banjir bandang yang mengalir di sungai Rite. 


Tidak hanya itu, luapan banjir bandang telah menghantam lebih dari 1 Hektar lahan sawah pribadi masyarakat. Kemudian dampak dari jebolnya tanggul selama lebih dari dua bulan telah membuat para petani mengalami kerugian, baik dari hasil panen musim lalu maupun keterlambatannya dalam memulai musim tanam saat ini.


"Para petani mengeluhkan hasil panen dan juga keterlambatan memulai penanaman karena tidak ada air yang mengairi,"kata Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Desa Rite, Mukhsin, S.Pd.


Lanjut Mukhsin menuturkan bahwa Dam Raba Ndolu mengairi puluhan hektar lahan sawah. "Sekitar 80% merupakan lahan pemerintah daerah yang dilelang kepada para petani Desa Rite,"ungkapnya.


Menurut PLT Kades itu bahwa para petani yang kerja di tanah lelang Pemda dinilai mengalami banyak kerugian. "Harga lelang sangat tinggi, sementara pengairan terkendala,"terangnya.


Diungkapkan oleh Mukhsin bahwa untuk menanggulangi hal tersebut, dilakukan perbaikan sementara dengan membuat tanggul kayu.


"Tapi masyarakat kesulitan memperoleh kayu yang layak untuk dijadikan tanggul, terpaksa kita babat kayu pinggir jalan,"jelasnya.


Mukhsin mengatakan bahwa telah dilakukan upaya komunikasi dengan pihak pemerintah kecamatan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU).


"Kita berharap mereka bisa membantu melalui penanganan darurat bencana,"tutupnya. (GN-02). 

×
Berita Terbaru Update