Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Kemensos RI Bantu Petugas Masjid yang Sakit Kronis di Rite

Sabtu, Mei 14, 2022 | 14:16 WIB Last Updated 2022-05-14T06:16:34Z

GardaNTB.com, BIMA.-Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menyalurkan bantuan modal usaha dan sembako kepada Keluarga Bapak Jamaludin (58) yang merupakan warga miskin desa Rite Kecamatan Ambalawi, Jum'at (13/5/2022). 


Bantuan tersebut merupakan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berbasis keluarga Kemensos RI Melalui Balai Sentral Paramita Mataram. Bantuan modal usaha diserahkan langsung di rumah keluarga penerima manfaat berupa barang dagangan. 


Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Bima, Hidayat kepada wartawan menuturkan bahwa Kemensos RI telah merespon pemberitaan terkait dengan  Bapak Jamaludin yang mengalami kondisi kritis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima.


"Menurut informasi mengalami komplikasi penyakit kronis hingga perut membengkak. Sementara kondisi ekonomi keluarga kurang mampu untuk membiayai pengobatan di rumah sakit,"ungkapnya.


Lanjut Dayat menyampaikan bahwa  Kemensos RI memberikan bantuan modal usaha untuk keberlanjutan usaha keluarga bapak Jamaludin. "Apalagi beliau hanya tinggal bersama istrinya dan jauh dari anak - anaknya yang sudah berkeluarga di luar daerah,"tuturnya.


Diungkapkan olehnya bahwa tidak hanya bantuan modal usaha, kartu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) sudah diurus, namun satu bulan ke depan baru keluar.


"Tapi biaya pengobatan bapak Jamal saat ini sudah ditanggung oleh Dinas Sosial Kabupaten Bima, tidak perlu khawatir pokoknya bebas dari biaya,"katanya.


Hidayat berharap dengan adanya bantuan modal usaha untuk keberlanjutan ekonomi keluarga bapak Jamaludin  agar masyarakat dan pemerintah setempat dapat membimbing dan membantu pengelolaannya.


"Supaya usahanya tetap berjalan, dan tidak sampai pada jualannya habis, usahanya pun habis. Usahanya harus tetap berlanjut, itu harapan kami,"ujarnya.


Sementara itu istri bapak Jamaludin  Sitti Nur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemensos RI."Alhamdulillah, Terima kasih banyak,"ucapnya.


Pemerintah Setempat, Syahbudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan Kemensos RI yang hadir langsung menyalurkan bantuan terhadap warganya yang miskin.


"Kami sangat bersyukur sekali bapak dan ibu telah membantu, bapak Jamaludin benar - benar sangat membutuhkan bantuan tersebut. Beliau adalah pengurus masjid yang sudah bertahun - tahun mengalami penyakit kronis dan sampai pada hari ini mengalami kondisi yang sangat kritis,"ungkap Kepala Dusun Sonco Lumba itu.


Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Desa Rite, Mukhsin, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemensos RI dan selaku pemerintah desa akan memantau dan membimbing keluarga pak Jamal untuk keberlangsungan usahanya.


"Insya Allah lewat Kepala Dusun Setempat, kami akan mendampingi keluarga bapak Jamal,"pungkasnya.


Sementara itu, Bapak Camat Ambalawi, Abdul Mu'is, S.Sos berharap kepada pemerintah setempat agar memprioritaskan kesejahteraan pengurus masjid."Mereka adalah orang - orang yang mengabdi untuk sosial agama, meski ada insentif yang dialokasikan lewat dana desa, namun gak seberapa. Dan alhamdulillah Kemensos RI telah memberikan peluang usaha bagi beliau dan keluarga,"tuturnya. (GN-TIM). 

×
Berita Terbaru Update