Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lestarikan Budaya Samawa, Mahasiswa KKL UNSA Bersama Masyarakat Latih Generasi Muda Desa

Rabu, September 14, 2022 | 02:35 WIB Last Updated 2022-09-13T18:35:38Z


GardaNTB.com, Sumbawa. -KKL UNSA dibawah bimbingan Bapak Dr Subhan Purwadinata,SE.,ME selaku dosen pembimbing mengadakan pelatihan kebudayaan Samawa kepada generasi muda. Kegiatan tersebut merupakan program yang diambil kelompok III KKL UNSA yaitu program desa budaya (Culture). Mengingat  tema besar program KKL UNSA tahun 2022 ini adalah membentuk desa menjadi desa budaya, desa sadar hukum, desa ketahanan pangan dan sebagainya.


Pelestarian ini dilakukan dengan cara KKL UNSA kelompok III desa Bantulanteh gandeng masyarakat yang sudah piawai dalam seni budaya untuk adakan pelatihan ke generasi muda, budaya yang diangkat untuk dilestarikan antara lain gentao, ratib borda, rabalas lawas sebagai program inti dari kampus. Pelatihan seni budaya ini sudah dilakukan sejak tanggal 8 Agustus 2022 sampai dengan 15 September 2022 yang dimana puncak dari program desa budaya ini mahasiswa KKL UNSA kelompok III mengadakan pensi sebagai tanda suksesnya pelatihan dan juga tanda suksesnya program yang dijalankan.


Sebagaimana dijelaskan oleh Hermansyah sebagai pengembang ide program desa budaya bahwa, “pelatihan kebudayaan ini diambil, didasarkan kepada kondisi atau sikon masyarakat  yang masih kental dengan adat dan budaya akan tetapi generasi muda belum banyak yang berminat dengan kebudayaan hanya orang tua saja yang menjalankan adat dan budaya ini dan hal ini akan menyebabkan putusnya adat dan budaya hal ini yang membuat saya mengambil program desa budaya,"Ungkapnya.


Sebagai mana pendapat kadus BantuLanteh tentang rencana program budaya ini bahwa,saya sangat mengapresiasi rencana adek adek KKL unsa yang mau mengangkat budaya desa dengan mengadakan pelatihan ke generasi muda dengan pengharapan budaya yang akan lestari ke generasi seterusnya saya akan bantu semampu saya untuk menyukseskan program yang akan kalian jalankan " semangat dek" ungkapnya Kepala Bagong (Kadus Bantulanteh). 


“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi desa semakin bersemangat untuk melakukan kegiatan kaderisasi budaya kepada setiap generasi muda desa agar budaya leluhur kita tau Samawa akan lestari,"Tutupnya.(GN-01). 

×
Berita Terbaru Update