Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Indeks Berita

Peringati Hari Pahlawan, PMII Bima Dukung Pemerintah Tetapkan Sultan Muhammad Salahuddin Sebagai Pahlawan Nasional

Jumat, November 11, 2022 | 09:32 WIB Last Updated 2022-11-11T01:44:07Z

GardaNTB.com, Kota Bima. -Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK. PMII) Sultan Muhammad Salahuddin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima Masa Khidmat 2021-2022, Memperingati hari Pahlawan Nasional 10 November 2022.


Peringatan hari pahlawan kali ini mereka lakukan dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya. Yakni Berziarah ke Kompleks Makam para Raja dan Sultan Bima di Dana Traha Kelurahan dara, Kota Bima, Kamis (10/11/2022). 


Ketua Komisariat Sultan Muhammad Salahuddin STKIP Taman Siswa Bima, Syurtal Adesetya menyampaikan ziarah makam Raja H. Fery Julkarnain ST,  Sultan Abdul Kahir bahkan sampai Sultan Muhammad Salahuddin ini dengan mengharapkan keberkahan. 


Karena menurutnya, Komisariat yang tengah dipimpinnnya di beri nama Komisariat Sultan Muhammad Salahuddin, bukan hanya sekedar nama saja namun memiliki makna yang sangat dalam. 


Artinya pemberian gelar pahlawan nasional tersebut sangat penting, mengingat sumbangsih besar Sultan Muhammad Salahuddin pada negara. 


"Sultan Muhammad Salahuddin dengan kerelaannya pada saat itu mengikrarkan diri, bahwa Kesultanan Bima bergabung dan mendukung berdirinya Republik Indonesia,"katanya.


Masa pra kemerdekaan, Bung Karno mendekati para Sultan di Nusantara, termasuk Sultan Muhammad Salahuddin. Artinya bangsa ini terwujud dari kerelaan yang diberikan oleh para Sultan kepada Bung Karno sebagai pendiri bangsa.


Sultan Muhammad Salahuddin sebenarnya sudah diberi penghargaan Bintang Mahaputra oleh Kementerian Sosial (Kemensos), namun masyarakat Bima dan hampir seluruh NTB tetap berharap agar dijadikan sebagai pahlawan nasional.


"Semoga bisa angkat menjadi pahlawan nasional,"harapnya.


Ditempat yang berbeda Ketua PC PMII Bima, Mirwan mengatakan begitu besar harapan masyarakat Bima agar Sultan Muhammad Salahuddin diangkat jadi pahlawan, karena sampai saat ini beliau merupakan kebanggaan masyarakat Dana Mbojo (Tanah Bima).


Untuk itulah, tugas masyarakat kemudian menghargai perjuangan dan kebesaran hati serta tugas yang lain adalah menjaga dan melestarikan bukti sejarah dari kesultanan bima yang pernah membanggakan pada zamannya.


"Saat kejayaan Bima, beliaulah yang menyerahkan diri untuk bersama NKRI,"katanya.


PMII Bima siap mendukung pemerintah daerah maupun DPD RI untuk menjadikan Sultan Muhammad Salahuddin sebagai Pahlawan Nasional. 


PMII bima berharap Sultan Muhammad Salahuddin diangkat menjadi Pahlawan Nasional, karena sumbangsihnya kepada negara sangat besar. (GN-02). 

×
Berita Terbaru Update