Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan Banner

 


Indeks Berita

Melirik Kecantikan Liang Bukal Desa Batu Tering

Rabu, Januari 04, 2023 | 14:23 WIB Last Updated 2023-01-04T06:23:32Z


Sumbawa adalah salah satu kabupaten atau wilayah yang sangat terkenal dan di soroti oleh media karna objek wisata yang sangat mempesona, salah satunya adalah dan Liang Petang. 


Dan tidak jauh dari situ terdapat juga sebuah gua kelelawar yang dalam bahasa Sumbawa yaitu Liang Bukal. Dua wisata ini  berada pada satu ruang lingkup wilayah yang sangat strategis dan jarang di jumpai dimanapun, yaitu berlokasih di sebelah selatan Sumbawa, tepatnya di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu. Untuk jarak tempuh yang dilalui sekitar 29 km dari pusat kota Sumbawa Besar.


Objek Wisata Liang Bukal ini sangat-sangat menarik dan mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan wisata yang lainnya yang ada di Sumbawa. Karna tempat wisata ini yang menjadi satu-satunya goa kekelawar yang sampai saat ini masih dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat tanah Sumbawa dan orang Sumbawa biasa menyebutnya Liang Bukal.


Bagi pecinta petualangan,tempat ini sangat cocok untuk menjelajahi alam bawah tanah. Terletak sekitar 2 kilometer dari jalan desa sehingga dibutuhkan tenaga yang cukup ekstra untuk berwisata ke sini.


Disni kita akan melewati jalanan yang cukup menantang, yang dimana kita harus melewati jalan berbukit, jalan terjal, berliku dan menanjak. Sebelum sampai di Liang Bukal kita akan bertemu banyak sekali pohon- pohon dan ranting-ranting liar di sepanjang jalan. Meski jalanya yang lumayan menantang, namun rasa capek akan terbayar ketika kita sudah sampai ketujuan yaitu Liang Bukal, perjalanan menuju goa ini akan sangat seru dan asik bagi kita pecinta petualangan dan tantangan.


Setelah sampai tujuan, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dan kita akan merasakan bau khas kotoran keleawar yang akan langsung menyambut. Awalnya mungkin baunya menyengat, akan tetapi dari depan mulut goa kita bisa menikmati kecantikkan Liang Bukal sekaligus. Dan terdapat juga aliran sungai yang sangat cantik dan segar, bisa kita gunakan untuk mandi atau merendam disekitar goa tersebut. Mungkin ini bisa menjadi salah satu aktifitas saat berkunjung ke Liang Bukal.


Kesejukan Liang Bukal yang dikelilingi lembah dan hutan tropis ini tetap menjadi tujuan favorit untuk para pendatang yang berkunjung. Pemandangan disekitar area goa juga diapit oleh tebing karang, dan air sungainya. Menjadikan wisata liang bukal ini sebagai lokasi yang sangat keren dan pas untuk berfoto dengan latar belakang yang cukup indah karena berlatarkan goa dan hutan. 


Pengelolah Liang Bukal juga menyediakan beberapa vila (penginapan) khusus untuk para wisatawan yang ingin menginap atau beristirahat saat di Liang Bukal, dengan fasilitas yang ada, kita bisa mengatakan bahwa Objek Wisata Liang Bukal bisa menjadi wisata terbaik yang ada di Kabupaten Sumbawa dan bisa menjadi salah satu wisata terbaik yang ada di NTB.


Penulis: Oleh Hendro Al-jamis. 

×
Berita Terbaru Update